1. Fokus pada solusi
Inilah apa yang benar-benar dicari pelanggan. Dan
ketika ada permintaan, setengah dari pekerjaan pemasaran Anda berhasil. Produk
dan jasa yang memiliki permintaan tinggi akan mendapat perhatian pertama dan
lebih sering. Berikan target pasar Anda apa yang mereka inginkan
atau apa yang membuat mereka tertarik untuk melihat. Tawarkan sesuatu yang
seolah berteriak “Aku pemecah masalah” atau “Aku solusi cepat”, dan pesan Anda
itu akan mendapatkan perhatian
2. Bertujuan pada target pasar
Pemasaran yang
tidak mencapai target akan diklasifikasikan sebagai
pemborosan, tidak efisien atau junk (seperti dalam “junk mail“).
Kegiatan marketing yang mencapai target pasarnya tergolong menarik, efektif
dan sangat efisien. Kuncinya adalah untuk memberikan target pasar Anda sesuatu yang menarik bagi
mereka. Jika Anda seorang warga negara yang sudah paruh baya tertarik pada
musik klasik, berita singkat tentang rilis musik terbaru dari band rock-and-roll terbaru tidak akan menarik – sehingga
warga negara tersebut bukanlah bagian dari target pasar
Anda.
3. Gunakan judul dan sub judul
Buatlah
judul-judul ini (dan sub judul) provokatif, pemikiran yang memprovokasi,
ekstrim dan benar-benar tak terduga. Salah satu berita terbaik yang pernah saya
lihat – yang saya tahu mendapat banyak perhatian – adalah “Things the
Government Won’t Tell You About Terrorism.” Satu lagi yang menarik perhatian
yang sama adalah “7 Mistakes Banks Make Every Day.” Keduanya akan mendapatkan
perhatian dan membuat orang ingin membaca lebih lanjut.
4. Memiliki pesan yang sangat jelas
Grafis memang
bisa menarik perhatian, tapi itu bukan satu-satunya alat untuk
mengkomunikasikan pesan Anda. Jangan biarkan pengunjung hanya melihat gambar
pada iklan itu! Pakar iklan terkenal, David Ogilvy pernah berkata, “Saya tidak
menganggap iklan sebagai hiburan atau sebuah bentuk seni tetapi sebagai media
informasi. Ketika saya menulis sebuah iklan, saya tidak ingin Anda sekedar
memberitahu tahu bahwa saya kreatif. Saya ingin Anda tertarik hingga Anda
membeli produk tersebut.” Anda tidak dapat membuat orang lain memperhatikan
pesan-pesan yang membosankan atau tidak jelas.
5. Coba strategi marketing melalui pesan ekstrim
Kenyataannya adalah,
pemasaran ekstrim itu bekerja. Hal-hal negatif dan kesalahan justru mendapatkan
perhatian lebih dari masyarakat. Berikut adalah contoh judul atau pesan yang
mendapatkan perhatian karena sifat ekstrim mereka:
– Bagaimana Cara
Mengubur Perusahaan Dalam Satu Minggu
– Bagaimana Cara
Membuat Tenaga Penjualan 10 Persen Lebih Efisien
– Bagaimana Cara
Menumbuhkan Laba 0.005 %
Semua judul ini
mungkin akan menarik perhatian dan membuat Anda ingin membaca karena sifat
mereka yang ekstrem.
6. Gunakan strategi promosi saling berkaitan
Ini adalah cara
lain untuk mendapatkan perhatian, terutama terjadi di kalangancontent marketer saat ini. Sederhananya, informasi yang ditawarkan
sebagai insentif untuk kontak baru. “Kaitan” ini menjadi prospek! atur
pemasaran Anda untuk komunikasi lebih lanjut. Berikut adalah beberapa contoh
dari kaitan ini:
Hubungi kami hari
ini untuk perhitungan pinjaman pegadaian gratis.
Download resep
ebook gratis yang menggunakan rempah-rempah dan bumbu kami.
Mampir hari ini
untuk vas gratis untuk bunga di Hari Ibu.
Semua
keterkaitan ini menawarkan sesuatu yang bernilai untuk pelanggan potensial agar
tertarik. Mereka semua tidak hanya memberikan sepotong perhatiannya kepada Anda
tetapi akan meningkatkan respon terhadap Anda juga.
7. Memanfaatkan benda, bentuk, dan ukuran yang tidak
biasa
Hal
lain yang perlu dipertimbangkan ketika ingin produk Anda untuk bisa dikenal dan
diingat adalah menciptakan sesuatu dengan ukuran berbeda atau memiliki warna
berbeda atau tidak seperti format umumnya. Ini termasuk potongan surat, warna
atau pesan yang ekstrim, berbentuk aneh dan memilih waktu yang tidak biasa
untuk mendekati target pasar Anda, seperti berbicara tentang
Natal di musim semi. Carlsbad Brewery pernah menjatuhkan paspor palsu di sistem
kereta bawah tanah New York City untuk memberitahu targetpasar mereka tentang produk baru yang
mereka luncurkan. Mencari paspor di kereta bawah tanah benar-benar hal yang tak
terduga; itu bukan sesuatu yang bisa Anda lihat setiap hari sehingga pesan
Carlsbad pun berhasil mendapat perhatian target pasarnya
8. Jawab secara langsung “Apa untungnya bagi calon
pelanggan?”
Holiday Inn
Express mengiklankan bahwa motel mereka memiliki ” showerheadnomor
satu berdasar penilaian pelanggan.” Pernahkah Anda diminta untuk menilai sebuah shower? Holiday Inn menemukan ini penting
untuk target pasar mereka dan mengkomunikasikan pesan ini langsung kepada
mereka. Anda dapat mendengarkan dan membaca semua tentang fitur dari Holiday
Inn Express, tapi mendengar tentang nomor satu showerhead dari penilaian pelanggan ini adalah
sesuatu yang semua pengunjung inginkan. Apa manfaatnya bagi mereka? Shower yang istimewa. Shower yang unggul mendapatkan perhatian.
Sukses dalam menjalankan bisnis tidak lepas dari strategi marketing ataupun strategi promosi dari perusahaan.
Jika saat kegiatan marketing dan promosi saat ini masih belum
membuahkan hasil yang signifikan, Anda akan berada pada posisi sulit pada saat
berkompetisi dengan kompetitor Anda. Semoga 8 langkah di atas berguna dan dapat
membantu Anda memenangkan persaingan!
No comments:
Post a Comment