Wednesday, August 3, 2016

Seni Menjual

  • Pengertian seni menjual
    Seni menjual adalah seni untuk mempengaruhi orang lain agar orang tersebut bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
    • Manfaat ilmu menjual
    n  memperlancar tugas penjual dalam melakukan kegiatan jual beli
    n  penjual dapat mengatasi segala macam tantangan dan hambatan
    n  membantu penjual dalam mengatasi persaingan
    n  meningkatkan omset penjualan
    • Objek atau sasaran dalam ilmu menjual, yaitu :
    n  Penjual
    n  Barang atau jasa yang dijual
    •  Teori AIDAS:
    n  Attention (perhatian)
    n  Interest (minat)
    n  Desire (keinginan)
    n  Action (tindakan)
    n  Satisfaction (kepuasan)
    •  Pengertian promosi
    n  Promosi (promotion) adalah pengenalan produk/jasa kepada konsumen supaya tertarik dan meningkatkan volume penjualan.
    • Bauran promosi (promotional mix),  terdiri atas :
    Advertensi
    Personal selling
    Promosi penjualan
    Publisitas
    Advertensi (periklanan) adalah kegiatan untuk menyadarkan masyarakat konsumen yang berpotensi akan kehadiran produk perusahaan.
    Media-media advertensi terdiri dari dari radio, televisi (TV), surat kabar, majalah, pamphlet, spanduk, brosur, baligo,internet,dan sebagainya.
    Personal selling, adalah penyajian barang secara lisan dan bertatap muka langsung degan satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar barang yang ditawarkan dapat terjual
    Promosi penjualan, misalnya dengan promo diskon, buy one get one free, voucher, bonus dan sebagainya.
    Publisitas, yaitu mempublikasikan atau mengumumkan produknya kepada masyarakat luas, misalnya: launching produk baru, jumpa pers
     
  • Pengertian Pemasaran
    Pemasaran (marketing) adalah proses penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen secara cepat dan tepat.
    Bauran pemasaran (marketing mix) dikenal dengan istilah 4P :
    Product
    Price
    Place
    Promotion

No comments:

Post a Comment